Sejak tahun 2011, Pusat Penelitian Perkembangan Iptek, LIPI telah menyelenggarakan Forum Tahunan Pengembangan Iptek dan Inovasi Nasional (Forum Iptekin). Pada tahun pertama mengusung tema “Peran Jejaring dalam Meningkatkan Inovasi dan Daya Saing Bisnis”. Tahun 2012 penyelenggaraan Forum Iptekin mengangkat tema “Inovasi Frugal: Tantangan dan Peluang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) serta Bisnis di Indonesia”, dan di tahun 2013 dengan tema “Mengurai Stagnasi Inovasi Berbasis Litbang di Indonesia”.
Terakhir di tahun 2014 Forum iptekin mengusung tema “Kapasitas Inovasi, Kapabilitas Teknologi, dan Kinerja Industri Menuju Pasar Bebas ASEAN 2015″.

Selain menyelenggarakan Forum Iptekin, mulai tahun 2013 diadakan juga LIPI Science-Based Industrial Innovation Award. Ini merupakan ajang penghargaan kepada kalangan industri yang berkontribusi nyata bagi inovasi dan daya saing bangsa.lebih lanjut tujuan dari penghargaan ini untuk mendorong peningkatan daya saing industri melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dalam kegiatan inovasi industri di Indonesia, mendorong eksploitasi ilmu pengetahuan yang diperoleh dari mana saja untuk kepentingan inovasi, dan mendorong alih pengetahuan melalui kerjasama ilmiah di antara komponen-komponen dalam sistem inovasi nasional. Penghargaan ini secara rutin akan dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Sesi ini untuk peserta dari berbagai institusi/lembaga/universitas di Indonesia. Makalah dan Presentasi dilakukan dalam Bahasa Indonesia dengan tema-tema yang telah ditetapkan dalam konperensi Asialics ke 12 ini. Selain presentasi oral, panitia juga menerima makalah dalam bentuk Poster. Silahkan lihat template poster dan makalah. Makalah presentasi oral akan direview oleh Tim Review Nasional dan INternasional. Makalah terpilih dapat diterbitkan dalam jurnal ilmiah terakreditasi. Kirimkan abstrak anda sebelum tanggal 31 Mei 2015.

Pada tahun 2015 ini FORUM IPTEKIN menjadi bagian dari konferensi internasional ASIALICS yang ke-12 dan merupakan special session diantara rangkaian acara ASIALICS 2015. Selaras dengan tema ASIALICS 2015 maka tema Forum iptekin 2015 adalah: Inovasi Industri Berbasis Sumber Daya Alam, dengan
sub tema:

  • 1. Sistem Inovasi Sektoral (Industri Kelautan, Industri Kehutanan, Industri Pertanian, Jamu dan Industri Makanan Fungsional, dan Industri Mineral dan Petroleum)
  • 2. Inovasi dan Penciptaan Lapangan Kerja di Industri Berbasis Sumber Daya Alam
  • 3. Mobilitas Sumber Daya Iptek dan Kolaborasi Penelitian Internasional dalam Industri Berbasis Sumber Daya Alam
  • 4. Sistem Insentif untuk Mempromosikan Inovasi Industri Berbasis Sumber Daya Alam (Fiskal, Finansial, dan Kemudahan lainnya)
  • 5. Mengelola Inovasi: Menempatkan Ilmu ke dalam Praktek, Menjembatani Ilmu dengan Kebijakan di Industri Berbasis Sumber Daya Alam
  • 6. Kebijakan Penelitian dan Pendidikan Tinggi untuk Mempromosikan Ilmu Hayati
  • 7. Konvergensi Teknologi Berbasis Bio (BioInformatics, BioMedicine, BioEngineering, BioTechnology, BioEntrepreneurship, BioNanotechnology, Biomaterials,dll)
  • 8. Industri Kreatif, Kewirausahaan dan Kapasitas Inovasi Industri Berbasis Sumber Daya Alam
  • 9. Kebijakan Inovasi untuk Mendorong Industri Hijau Berbasis Sumber Daya Alam (Bahan Kimia berbasis Bio, Kimia Hijau, Teknologi Energi Hijau, Energi Baru dan Terbarukan, dll)
  • 10. Studi Sains, Teknologi dan Inovasi Lainnya yang Tidak Khusus Terkait Industri Berbasis Sumber Daya Alam (Kebijakan Sains, Manajemen Teknologi, Sistem Inovasi, Penciptaan Pengetahuan, Kemampuan dan Pembelajaran Teknologi, Kapasitas Inovasi dan Kewirausahaan, dll)
FORUM IPTEKIN

Seminar Nasional Forum Iptekin 2015

ASIALICS 2015 Special Session, registration fee for presenter of forum iptekin: Rp 500.000 or $ 42 USD,

FORUM IPTEKIN